Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 26 Juni 2012

TATA CARA BERPIDATO YANG BAIK DAN BENAR


Contoh Pidato, berpidato memang susah susah gampang pasalnya kita harus berbicara didepan banyak orang, wah ini tentunya harus mempunyai kesiapan yang cukup baik dari segi mental maupun materi yang akan dibicarakan, tentunya kalian tidak akan mau melakuakan kesalahan saat berpidato.

Untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam berpidato saya akan memberikan beberapa Tips dalam berpidato, silahkan disimak.
Tips Berpidato
1. Jangan berpidato terlalu lama dan berpanjang-panjang, karena akan membuat pendengar merasa bosan. pidato yang baik adalah pidato yang mampu menyesuaikan durasi pidato dengan apa yang sedang di bicarakan.

2. sebisa mungkin buatlah pidato secara sederhana, jangan terlalu berbelit belit karena pada umumnya pendengar hanya akan memahami beberapa ide dari semua isi pidato anda.

3. bersikap realistis, hal ini dimaksudkan karena anda di minta untuk berpidato karena anda memiliki pengalaman pengalaman khusus yang tidak dimiliki oleh para pendengar anda, jadi ceritakanlah pengalaman anda dan sebisa mungkin untuk menarik perhatian pendengar.

4. Menarik Perhatian Pendengar, seperti pada point no 3 hal ini dimaksudkan agar para pendengar tidak jenuh akan pidato anda ada baiknya anda menyisipkan sedikit candaan dalam berpidato.

5. Rileks. karena para pendengar bisa melihat ketegangan anda dan hal ini justru akan menghilangkan fokus anda dalam berpidato, jadi sebissa mungkin bersikaplah tenang. biarkan saja mengalir.


itulah beberapa tips dalam berpidato yang bisa kalian gunakan agar dalam berpidato tidak terjadi kesalahan. dan sesuai dengan janji saya, saya akan memberikan Contoh Pidato, silahkan disimak contoh naskah pidato dibawah ini.

10 komentar: